Minggu, 11 November 2012

Homemade Pizza

Jum'at malem iseng2 bikin pizza, karna ngerasa oven dah lama nganggur. gugling2 resep dapat resep yang kayaknya sederhana dan gampang bahan2nya,nih resepnya dapat dari  http://ala-rinarinso.blogspot.com/2011/05/homemade-pizza-resep-1.html , dengan modifikasi ala aku..:D :

Soft Dough Pizza

Bahan :
350 gr terigu protein tinggi (misalnya cakra)
15 gr gula pasir
5 gr ragi instan
250 ml Susu UHT Full Cream dingin
50 gr mentega putih 
1 sdt garam 

Cara membuat :

  1. Campur semua bahan kecuali susu dan mentega. Kemudian masukkan susu sedikit demi sedikit sambil diuleni sampai setengah kalis.
  2. Setelah setengah kalis, campur dengan mentega putih dan ulenin sampe kalis
  3. Setelah kalis siamkan sampai adonan mengembang 2 kali. Di resep tertulis 30 menit tetapi aku kemarin biarkan proofing di suhu ruang 1 jam 15 menit.
  4. Setelah mengembang kempiskan adonan, kemudian bagi adonan menjadi 3 bagian. Bulatkan adonan dan diamkan 10 menit.
  5. Setelah didiamkan 10 menit tipiskan adonan dengan cara digiling. Kemudian tusuk-tusuk dengan garpu. Seharusnya bagian tepi adonan lebih tebal, tetapi aku kemarin rata aja semuanya.
  6. Setelah itu diamkan 30 menit sampai mengembang.
  7. Oven dengan api bawah suhu 190 derajat selama 8 menit sampai roti setengah matang.
  8. Oleskan bagian atas roti dengan saus pizza,bawang bombay, paprika kuning dan tuna kaleng, dan taburi dengan keju quickmelt
  9. Oven lagi selama 10menit sampai matang
dan ini hasilnya :


dari resep itu dapatnya 3 loyang ukuran medium loh, gw bikinnya tipis tipis, jadi gak cepet kenyang kayya pizza di toko yang rotinya tebel2 itu..hehhe, dan yang paling penting my baby boy dan suami doyan sm pizzanya..


Succeed!!yay!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar