Minggu, 08 Juni 2014

burgo palembang

abis liat IG seorang temen yang posting gambar makanan burgo, gw jadi ngiler setengah mati. Kalo di jambi mah, burgo nyarinya gampang, tapi kalo disini..gue gigit jari, belum nemu orang jualan burgo.
Burgo itu sejenis makanan khas dari sumatera selatan, tapi di jambi juga banyak. Terbuat dari tepung sagu(kanji) dan merupakan jenis makanan berkuah. 

Buat gue dan keluarga besar di jambi, burgo ini jadi makanan yg hampir pasti menjadi salah satu menu andalan untuk berbuka. Almarhumah mama doyaaaann banget sama makanan satu ini pake banget.
Biasanya mama bikin sendiri untuk burgo ini sebagai makanan pembuka saat ramadhan, dan (sayangnya) saat itu gw belum pernah sekalipun mencoba membuatnya, atau sekedar belajar dari mama gmn cara membuatnya.

Sempat tinggal di Palembang kurang lebih 2 tahun juga gw bisa menikmati burgo dari yang biasa sampai yang super enak *menurut gw..jadi gak kepikiran jg buat gw belajar atau sekedar nanya ke mama gimana bikin nih burgo. Nah...sekarang, pas lagi pengen gini sementara di jakarta belum nemu ada orang jualan burgo, gw jadi nyesel gak pernah belajar ke mama bikin masakan ini, sekarang yg mw ditanyain udah g ada T_T.

jadi dengan berbekal Mr. Google, gw hunting resep burgo. Dua sampai 3 resep gue baca sampai akhirnya gue campur2 resepnya ngambil yg paling praktis dan tidak mahal, hehehe..,resep aslinya dari sini  http://tutiadiwiryarecipe.blogspot.com/2014/02/burgo-kuah-santan-ikan-gabus-burgo.html







BURGO PALEMBANG
Masakan Khas Palembang


Bahan dadar Burgo: 
- 250 gram tepung beras
- 50 gram sagu
- 300cc air mendidih 
- 500cc air biasa ( boleh jg diganti santan )
- 1 sdm larutan air kapur sirih ( gunanya supaya lembaran dadar burgo kenyal dan tidak mudah sobek ). Kalau saya tidak pakai.
- 1/2 sdt garam halus.

Cara membuat dadar Burgo :

Ambil sebagian tepung beras dan sagu, campur dg air panas mendidih. Aduk rata . Tambahkan air biasa . Tambahkan sebagian tepung yg disisihkan tadi. Aduk rata pakai wisker atau boleh jg pakai sendok sayur. ( Adonan dadar burgo ini encer ) panaskan dandang kukusan ( tutupnya dibungkus kain ) dan loyang aluminium yg sdh lapisi minyak goreng, saya pakai loyang segi empat ukuran kecil  .ambil adonan secukupnya (jangan kebanyakan, dadarnya bisa tebal dan tidak bisa digulung),tuangkan kedalam loyang yg sdh dipanaskan. Tutup , tunggu 5-10 menit. Keluarkan loyang dari kukusan. Lepaskan dadar burgo dari loyang. Letakan diatas piring lebar. Gulung adonan yg sdh dikukus tadi. Lakukan terus hingga adonan habis 

Bahan dan bumbu kuah burgo :
- 1 liter santan sedang
- 1/4 kg ikan gabus. Bersihkan (saya pakai ikan selar)
- bumbu 1sdt merica kasar, 5 siung bawang merah, 7 siung bawang putih, 1/2 sdt merica, garam secukupnya, ketumbar sangrai. Semua bumbu dihaluskan. Kecuali ikan gabus. Disisihkan dulu. 

Bumbu tambahan buat kuah :
 1 batang serai dikeprak, 5cm lengkuas dikeprak, 3 lbr daun salam. 
Bahan pelengkap : 
bawang goreng, sambal cabe merah. 15 buah cabe merah, dihaluskan lalu di tumis. 

Cara membuat kuah burgo : 
Tumis hingga harum bumbu yg dihaluskan, tambaknan daun salam , sereh , lengkuas. Aduk rata . Tambahkan santan. Setelah mendidih masukan ikan gabus. Tunggu sampai ikannya matang. Keluarkan ikan dari kuah burgo, haluskan ikannya . Pisahkan dari duri, kulit dan kepala. Ambil ikannya saja. Setelah ikan dihaluskan. Masukan lg kedalam kuah burgo.

Cara menghidangkan Burgo :
Burgo dipotong2 kira2 setebal 1 cm . Susun dipiring, siramkan kuah burgo. Taburi bawang goreng. Dan diberi sambal cabe merah. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar