Kamis, 25 September 2014

Choco Banana Cake!!

Sebenarnya membuat cake ini udah lamaaaaa banget, dan baru keinget kalo belum di post di blog..:)
jadi cerita pembuatannya pun lupa-lupa inget. Untungnya link rujukan resepnya masih ada, dan foto-foto hasil eksekusinya belum keapus.
Jadi di post aja ya di sini, buat disimpen kalo laen waktu mau bikin lagi..
saya plek-plek mengikuti resep si mbak JTT, cuma divariasi di Baking Powder karna gak punya dan udah cari ke toko2 kue deket rumah jg gak ada..hiks

Karena tekstur pisangnya, jadi kue ini sedikit berat tidak seperti kue sponge gitu. Tapi so far menurut duo maut pencicip segala masakan saya (baca: suami dan anak), kuenyaaa enaaakkk, hehehe

kue juga sempat saya bawa ke kantor keesokan harinya, dan tanggapan temen2 kantor.....ludesss (no more words to describe)..alhamdulillaaahhh..






Choco Banana Cake
link resep :http://www.justtryandtaste.com/2011/09/cake-coklat-pisang-chocolate-banana.html

Bahan:
- 245 gram tepung terigu serba guna/protein sedang
- 300 gram gula pasir (resep asli 400 gram)
- 75 gram coklat bubuk, gunakan yang kualitasnya baik
- 2 sendok teh baking powder double acting, pastikan fresh (karena gak punya BP yang double acting, saya pakai yg single acting, tapi dicampur terakhir)
- 1/2 sendok teh vanili bubuk atau 1 sendok teh vanilla extract
- 1/2 sendok teh garam
- 2 butir telur ayam ukuran besar
- 400 gram pisang kepok/pisang raja/pisang ambon (kira-kira 5-6 buah pisang ukuran sedang), lumatkan
- 240 ml air hangat
- 120 ml susu cair
- 120 gram mentega/margarine cair atau bisa menggunakan minyak sayur

Coklat ganache:
- 200 gram coklat masak blok
- 150 ml krim kental
- 1 sendok makan atau 14 gram mentega

Cara membuat:
Panaskan oven, set disuhu 170'C. Letakkan rak kawat di tengah oven. Olesi loyang segi empat ukuran 22 x 22 cm dengan margarine dan taburi dengan tepung atau alasi dengan kertas minyak. Sisihkan.

Siapkan mangkuk besar, masukkan tepung, gula, garam, baking powder dan vanili bubuk. Aduk rata. Sisihkan.

Siapkan mangkuk besar lainnya, tuangkan air hangat, mentega cair dan susu cair ke dalam mangkuk, aduk hingga tercampur rata. Jika air masih terlalu panas, biarkan sejenak hingga mendingin agar telur tidak matang. Masukkan telur ke dalamnya dan aduk dengan spatula balon hingga tercampur baik. Tambahkan lumatan pisang, aduk rata.

Masukkan campuran tepung terigu dan coklat ke dalam larutan susu dan mentega, aduk dengan spatula hingga tercampur rata. Tuangkan adonan ke dalam loyang dan panggang selama 40 - 45 menit atau hingga adonan tidak menempel ketika lidi kita tusukkan ke tengah cake. Keluarkan dari oven dan biarkan mendingin sejenak di loyang + 10 menit. Keluarkan dari loyang, balikkan cake di rak kawat dan lepaskan kertas minyak yang melekat secara hati-hati, biarkan cake benar-benar mendingin sebelum kita oleskan ganache.

Coklat Ganache
Siapkan mangkuk stainless steel, masukkan coklat blok yang telah dipotong-potong ke dalamnya. Panaskan krim kental, dan mentega dengan cara di tim (bisa menggunakan microwave) hingga mentega larut. Begitu krim mendidih, angkat dan langsung tuangkan ke coklat blok, biarkan selama 5 menit.  Aduk hingga coklat meleleh dan menjadi satu adonan yang kental dan smooth.

ika ganache telah benar-benar dingin, kocok menggunakan hand mikser atau kocokan kawat hingga lembut dan mengembang. Kemudian ratakan ganache di atas permukaan cake. Biarkan ganache mengeras.

Potong-potong cake dan siap disajikan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar