Minggu, 15 Desember 2013

No More Gadget For Kiano

Kiano di umur 27 bulan ini lagi aktif-aktifnya, seneng nyanyi dan kegiatan fisik laennya. Sebagai ibu, gimana perasaan gw ? senenk donk, meskipun kadangkala sering ngelus dada sama tingkah lakunya yg gak bisa diem lama itu,namanya juga ibu-ibu ya, rempongnya never ending. saking gak bisa diem dan suka nyanyi-nyanyinya ampe ngigau pun Kiano bisa ngigau nyanyi "naek etaaa apiiii tuuuutt tuuuttt "..duuuh ngegemesin banget pokoknya..:)
kalo travelling *tsaaahh, (padahal cm ngemall) kiano sudah pasti gak bisa anteng baek itu di mobil, di motor, di KRL even di pesawat kecuali lagi tidur. kadang kepikiran apakah semua anak seaktif ini?kenapa sih gak bisa anteng nak? hehehe...tapi kalo dia lagi sakit ato panas, trus lemes trus gak mau ngapa2in, jadi kangen masa-masa gak antengnya itu. ya udahlah ya, emang umur segini tuh mungkin si anak emang masa2 aktifnya, yang penting sehat dan senang..:)

ceritanya beberapa hari yang lalu, suami punya handphone baru dan karna dari dulu gw dan suami emang bukan gadget freak, jadinya gadget baru ini adalah gadget tercanggih di rumah kami, the one and only. Sebenarnya gw udah sering baca si, kalo anak-anak umurnya kiano itu gak baek kalo diajarkan maen gadget2 gitu, karna khawatir anaknya malah jadi anti sosial atau cenderung pasif, cuma ya dengan niat tulus pengen membagi kesenangan dan hiburan dengan anak, gw dan suami pun tanpa pertimbangan matang ya cuek bebek aja ngenalin gadget baru ini ke Kiano. Reaksi anaknya?senennngg, cepat nangkap dikasih tau sedikit, trus matanya berbinar2 kalo lagi maenin tuh gadget.


dua hari doank ngenalin gadget baru itu ke kiano, si anak udah nangkap gimana nyalainnya, gimana nutup aplikasinya dan bla bla..smart, right?..Bangga donk pastinya, anak gw gak perlu diajarin lama-lama udah nagkap aja...

calon anak pinter nih..
calon einsten..
calon apalah...
*kebiasaan ibu2
belum lagi , gw bisa dengan gampang nyuapin kiano makan loh, sambil maenin tuh hape kiano jadi lahap makannya
kedengaran positif banget yaa, gak ada masalah yaaa

sampai hari kedua di senin malam, kiano , gw dan suami sedang guling2 aja di kasur sambil nonton tipi. Kiano masih asyik dengan hape ayahnya. Gak seperti biasanya nih anak anteng, diem dan matanya tertuju fokus ke games yang ada di hape. Gw panggilin anaknya cuek aja, biasanya kan dia suka nya bermanja2 sm bunda di tempat tidur..hmmmm, gw pancing lagi dengan gw keluar kamar, kiano nya gak bergeming dunk masih fokus dengan gadgetnya, padahal biasanya minimal dia nanya "bunda ni mau manaaa" 


beberapa menit gw diluar kamar, si anak jg gak ada responnya, biasanya nyadar gw gak ada langsung manggilin gw dan minta gw nemenin dia maen bola atau maen mobil2an yang penting kudu didampingi, tapi sekarang gak..*sedih


suami gw pun beranjak keluar kamar, kiano masih gak bergeming

kata suami "bahkan ketika ayah keluar kamar pun dia gak sadar"

jleb,,

gw kayak tertampar
gileee, bodoh banget gw
katanya rajin baca web parenting, forum2 parenting dsb, tapi manaaaa??
udah tau kalo gadget itu gak baek buat perkembangan anak seumuran kiano tetep aja dikasih
huhuhu
dan gw membuktikan sendiri, hanya dalam 2(dua) hari, kiano berubah sikapnya
mungkin emang umurnya belum siap buat menerimanya
meskipun niat kita baek, tapi kalo hasil akhirnya begitu mah gue gak mau
sebelum terlambat, gw hentikan aja penggunaan gadget itu
"hapenya dibuang nak, sudah rusak..:) " *white lie

gw gak mau si menjudge siapapun,mungkin banyak ibu2 diluar sana yg membebaskan anakny bermaen gadget tapi toh anaknya gak papa, itu urusan masing2 deh, beruntung banget tuh ibu berarti
 yg jelas ini jadi pelajaran berharga buat gw
no more gadget for kiano
at least sampe umurnya benar2 siap dengan gadget

“It's not only children who grow. Parents do too. As much as we watch to see what our children do with their lives, they are watching us to see what we do with ours. I can't tell my children to reach for the sun. All I can do is reach for it, myself.” 

― Joyce Maynard

ps: gw dan suami buat peraturan untuk gak sibuk dengan gadget di depan kiano, kalo ada yg penting misalnya bisa menepi dan menjauh dari kiano untuk menggunakan gadget


3 komentar:

  1. mungkin harusnya dikasih jam2 tertentu. kaya misalnya pas wiken dengan waktu hanya satu jam. sambil ngasah kedisiplinan anak. katanya sih gitu. punya instagram ga mba? follow @babyhijaber deh. banyak banget ilmunya, dan terbukti itu emak2 berhasil ngedidik anaknya. keren! semoga pas aku punya anak bisa begitu juga. hehe.. aamiin

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kali ya, kudu dikasih jam2 tertentu..mungkin setahun lagi lah, sekarang biar anaknya mengeksplor hal laen di luaran..:), btw sy g punya IG, hehehe...emak2 keren emank bikin mupeng, tapi gak semua jg sih semulus itu, every mom has their own battle...btw thanks udah mampir..:)

      Hapus
    2. ya ampun PNSanomali ini ternyata syarah...hahahaahha...:p

      Hapus